Museum Zoologi Bogor, Kawasan Study Tour Favorit Di Bogor

Museum Zoologi Bogor, Tempat Study Tour Favorit di Bogor, Tempat Wisata di Kabupaten Bogor )

Sedangkan untuk lokasinya berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta - Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. Kedua bab dari museum ini telah dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi (LIPI). Pada dikala awal berdirinya, Museum Zoologi Bogor ini merupakan salah satu laboratorium zoologi dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tahun 1894 yang merupakan suatu gagasan dari J. C. Koningsberger spesialis botani yang berkebangsaan dari Jerman. Tempat laboratorium tersebut didirikan sebagai sarana penelitian yang telah berkaitan dengan pertanian dan juga zoologi.

Sedangkan Pada tahun 1906 namanya mulai dirubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats, akan tetapi pada tahun 1910 juga dirubah lagi yang lalu menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium. Antara tahun 1945-1947 daerah ini telah dikenal dengan nama Museum Zoologicum Bogoriense, sebelum pada kesudahannya hingga kini menjadi Museum Zoologi Bogor. Kemudian Tempat koleksi museum ini juga mempunyai 24 ruangan koleksi dan gres saja ditempati mulai pada tahun 1997, dengan pembangunan yang telah dibiayai dari dana hibah Bank Dunia maupun Jepang. Banyaknya Koleksi ilmiah yang telah dimiliki museum ini mencakup banyak kategori antara lain: mamalia, ikan, burung, reptil dan amphibi, moluska, serangga, dan juga invertebrata lain yang selain dari moluska dan serangga.

Pada dikala ini bila anda masuk ke dalam museum anda akan disambut dengan 4 buah kerangka orisinil yang telah berdiri dari 4 vertebrata yang terpajang di tengah ruangan museum tersebut. Dan salah satu diantara dari kerangka tersebut yakni Kerangka dari Badak Sumatra.

Badak sumatera adalah salah satu dari anggota famili Rhinocerotidae dan juga termasuk salah satu dari lima spesies badak. Badak ini yakni rino dengan ukuran yang  terkecil, yang mempunyai tinggi sekitar 120–145 sentimeter, dan dengan panjang sekitar 250 sentimeter dengan berat 500–800 kilogram. Seperti halnya spesies rino yang terdapat di Afrika, rino ini juga telah mempunyai dua cula.
Biawak Komodo merupakan salah satu dari hewan yang biasa dipanggil dengan nama Komodo ini yakni spesies Kadal dengan ukuran terbesar didunia yang telah hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili motang, dan Gili dasami di Nusa Tenggara. ( Baca lagi : di Jawa Barat )



Demikianlah uraian singkat perihal Museum Zoologi Bogor.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Keluarga Taman Dayu Alam Asri Di Sragen

Wisata Caribbean Island Water Park Di Balikpapan

Inilah Daftar 12 Daerah Wisata Di Bogor Jawa Barat