10 Daerah Wisata Di Sragen Yang Wajib Anda Kunjungi

10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi, - Kabupaten Sragen merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sragen terletak di 30 km ke arah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan di Utara, Kabupaten Ngawi Jawa Timur di sebelah timur, Kabupaten Karanganyar di sebelah selatan dan Kabupaten Boyolali di sebelah barat. Kabupaten Sragen mempunyai julukan Bumi Sukowati, lantaran nama Sukowati dipakai pada masa pemerintahan Kerajaan Surakarta. Kabupaten Sragen mempunyai potensi pariwisata yang cukup besar, salah satu yang sudah sangat populer yaitu situs prasejarah di Desa Sangiran. di Desa Sangiran ini kemudian didirikan sebuah museum untuk menampung banyak sekali benda prasejarah yang ditemukan di sekitar lokasi. Berikut yaitu 10 Tempat Wisata di Sragen yang Perlu Untuk Dikunjungi selengkapnya :

10 Wisata Sragen Jawa Tengah Pilihan


1. Pemandian Air Panas Bayanan

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Pemandian Air Panas Bayanan yaitu tempat wisata di Sragen yang berlokasi di 17 km sebelah tenggara Kota Sragen atau alamat lengkapnya di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Wisata ini mempunyai daya tarik berupa pemandian air panas yang dipercaya masyaraket sekitar sanggup menyembuhkan banyak sekali macam penyakit menyerupai rematik, gatal-gatal, dan penyakit lainnya. Selain itu air panas di Pemandian Bayanan juga dipercaya sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesejukan sendi–sendi dan otot, menghilangkan capek-capek, dan menciptakan infinit muda. Oleh lantaran itu banyak masyarakat yang berdatanagn untuk mandi di pemandian air panas ini.

2. Ganesha Technopark

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Ganesha Technopark terletak di Jl. dr. Sutomo no. 5 Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Ganesha Technopark merupakan sebuah proyek pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan kanal ke lembaga-lembaga penelitian, guru besar(professor) dan siswa yang telah lulus untuk membentuk proyek R&D maupun proyek lain yang berbasis profit sharing. Selain konsep technopark, ditempat ini juga ada BLK yang bertujuan untuk memutuskan dan mengimplementasikan R&D, pelatihan, mengembangkan, kemandirian maupun kerjasama untuk meningkatkan keahlian, tenaga kerja, produk, dan pelayanan yang mempunyai nilai jual dan nilai tambah bagi pemerintah dan masyarakat Sragen.

3. Museum Prasejarah Sangiran

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Museum Prasejarah Sangiran terdapat di Ds. Krikilan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Di Sangiran ini merupakan lokasi inovasi fosil insan purba Meganthropus palaeojavanicus oleh Von Koenigswald. Dari inovasi ini kemudian banyak ditemukan banyak sekali jenis fosil di area tersebut. Sampai ketika ini telah ditemukan lebih dari 13.685 fosil di Sangiran. Kawasan Sangiran ketika ini telah ditetapkan sebagai World Heritage List (Warisan Budaya Dunia) oleh UNESCO. Oleh alasannya yaitu itu Museum Prasejarah Sangiran ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan bagi siswa-siswi terutama untuk mempelajari sejarah peradaban manusia. Saat ini Tempat wisata Sangiran banyak dikunjungi terutama oleh para peneliti prasejarah yang ingin melihat eksklusif inovasi fosil di sekitar Sangiran.

4. Taman Dayu (Dayu Park/Taman Dayu Alam Asri)

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Taman Dayu Alam Asri merupakan sebuah tempat wisata keluarga di Kabupaten Sragen yang terdapat di Desa Dayu Kecamatan Sragen atau sekitar 20 km dari Kota Solo kearah timur. Area Taman Dayu Alam Asri luasnya sekitar 5 ha yang terdapat banyak sekali wahana hiburan dan permainan yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Berbagai macam akomodasi disediakan di Taman Dayu Alam Asri ini seperti  mini zoo , wahana bermain dan ketangkasan, agrowisata, resort , pendopo pertemuan, gazebo, kolam renang lengkap dengan arena luncuran, resto, dan sebagainya.

5. Waduk Kedung Ombo

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Waduk Kedung Ombo merupakan sebuah bendungan raksasa yang terdapat di perbatasan 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Sragen, Boyolali dan Kabupaten Grobogan. Keberadaan Waduk Kedung Ombo ini sangat vital bagi pembangunan di Indonesia. Di waduk ini dibangun pembangkit listrik sehingga sanggup menyediakan listrik bagi masyarakat. Selain itu air yang keluar dari waduk sanggup dipakai untuk mengairi sawah di wilayah Kabupaten Semarang, Demak, Kudus, Pati, Blora, Grobogan, Jepara, Boyolali, dan Sragen. Selain dipakai untuk pengairan dan Pembangkit listrik, Waduk Kedung Ombo merupakan daerah wisata yang sangat potensial. Di Waduk Kedung Ombo pengunjung sanggup menaiki bahtera motor dan keliling waduk serta sanggup menikmati sajian banyak sekali hidangan makanan ikan air tawar. Selain itu Waduk Kedung Ombo juga sangat cocok dipakai untuk memancing bagi anda yang hobi memancing ikan air tawar.

6. Gunung Kemukus

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Gunung Kemukus di Kabupaten Sragen merupakan sebuah wisata religi yang terdapat di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Secara geografis, Objek Wisata Gunung Kemukus terletak sekitar ± 29 km di sebelah utara kota Solo. Tempat wisata ini merupakan sebuah makam Pangeran Samudro yang dipercaya masyarakat sekitar apabila ziarah ke makam tersebut sanggup mendatangkan rezeki yang berlimpah. Namun ada dongeng negatif dari makam di Gunung Kemukus ini, yaitu biar doa yang dipanjatkan terkaul maka peziarah diwajibkan berafiliasi intim dengan wanita/pria yang bukan pasangan sahnya. Sehigga dalam perkembangannya tempat ini dijadikan kompleks mesum bagi warga dan para peziarah yang datang. Pemerintah Kabupaten Sragen telah berupaya keras mengurangi praktek ilegal ini melalui banyak sekali macam sosialisasi yang dilakukan melalui Dinas Pariwisata, namun masih saja ada msyarakat yang percaya dengan iman tersebut.

7. Desa Wisata Batik Kliwonan

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Desa Wisata Kliwonan merupakan sebuah daerah yang berada di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen yang merupakan tempat pusat kerajinan Batik. Batik yang diproduksi di Kliwonan ini berbeda dengan batik dari daerah lainnya. Di tempat ini pengunjung sanggup membeli buah tangan berupa kain batik serta sanggup melihat eksklusif proses pembuatan batik. Bahkan apabila berminat anda juga sanggup menginap di rumah warga yang telah disulap menjadi sebuah homestay yang sangat nyaman. Disini anda akan disuguhkan dengan banyak sekali macam aktifitas yang mengasyikkan, menyerupai mencar ilmu membatik, jelajah desa, memancing, menciptakan kerajinan tanah liat hitam, edukasi herbal serta outdoor photography.

8. Kolam Renang Kartika

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Kolam Renang Kartika merupakan salah satu kolam renang pujian warga Sragen. Kolam renang ini terdapat di tengah Kota Sragen tepatnya di Jalan Veteran dan berdampingan dengan Stadion Sepak Bola Sragen. Selain terdapat kolam renang di tempat ini juga terdapat pemancingan yang terletak akrab parkiran depan.  Di Kolam Renang Kartika Sragen ini juga sudah dilengkapi dengan papan luncur bergelombang, kamar ganti pakaian putra/putri, toilet, cafetaria, gudang, kantor pengelola, dan lain-lain.


9. Makam Joko Tingkir

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Joko Tingkir merupakan nama lain dari Sultan Hadiwijaya, Raja Kerajaan Pajang yang berkuasa pada tahun 1550-1582. Kerajaan Pajang merupakan pewaris Kerajaan Demak dan cikal bakal kerajaan Mataram yang alhasil melahirkan Kasultanan Yogyakarta dan Kerajaan Surakarta ketika ini. Kompleks pemakaman ini sangatlah sederhana, yang lokasinya di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh, di pinggir Bengawan Solo. Di dalam kompleks itu juga terdapat makam orangtua Joko Tingkir, yakni Ki Kebo Kenanga dan Nyi Kebo Kenanga. Seperti kebanyakan makam di Jawa lainnya, makam ini juga sering dikunjungi peziarah yang ingin sekedar berziarah ke makam leluhur dan juga berziarah untuk mendapat berkah.  Setiap Hari Raya Idul Fitri pemkot Surakarta mengadakan  tradisi perayaan larung Joko Timgkir dari anutan Sungai Bengawa Solo yang diawali di Tempat Wisata Jurug dan berakhir di Desa Butuh Sragen.

10. Galleri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen

 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi


Galleri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen atau biasa disingkat dengan SBBS terletak di pusat kota Sragen, hanya beberapa puluh langkah kaki dari kantor Pemerintahan Kabupaten. SBBS dan Galeri Batik Sukowati merupakan pusat perbelanjaan dan sirkulasi kerajinan batik Sragen. Dua lokasi itu merupakan gerai penjualan para pelaku bisnis di bidang industri batik. Harga produk-produk batik di dua gerai itu sengaja dirancang biar terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Dua gerai itu alhasil menjadi pusat perbelanjaan batik yang bisa diakses masyarakat ekonomi lemah maupun golongan kaya. Untuk menarik pembeli dan berbagi pasar, di SBBS dan Galeri Batik Sukowati kerap diadakan bazaar batik dan program yang bertema batik khas Sragen.

Demikian tadi 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Anda Kunjungi. Semoga sanggup menjadi sumber refrensi anda bagi yang mau berkunjung ke Kabupaten Sragen Jawa Tengah.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Keluarga Taman Dayu Alam Asri Di Sragen

Wisata Caribbean Island Water Park Di Balikpapan

Ziarah Ke Makam Sunan Bayat, Sebuah Wisata Religi Di Klaten